Mata Air Guyangan Nusa Penida Dengan Keindahan Tebing Yang Curam

Anda ingin merasakan wisata air terjun dan mata air? mendengarnya saja kita sudah membayangkan sejuknya suasana sekitar tempat wisata, hempasan derasnya air terjun dan segarnya mata air yang akan membasahi badan kita. Di Nusa Penida terdapatdua mata air. Awalnya mata air Guyanganberfungsi untuk mengalirkan air bersih ke penduduk setempat. Namun dengan berjalannya waktu, karena lokasinya yang menarik hati,mata air Guyangan menjadi salah satu objek wisata favorit wisatawan. Terletak di Desa Batu Kandik, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.Objek wisata ini berjarak sekitar 25 km dari pelabuhan Nusa Penida. Tetapi sebelum mencapai mata air Guyangan, pengunjung akan dihadapkan oleh tantangan yangmenegangkan dan cukup menguras keringat.

Kolam Mata Air Guyangan Nusa Penida
Kolam Mata Air Guyangan Nusa Penida

Untuk mencapai mata air Guyangan dibutuhkan nyali dan keberanian pengunjung untuk menuruni ratusan anak tangga besi yang menempel pada dinding tebing, ketika menuruni anak tangga harus berhati – hati karena dibawah sudah menanti lautan Samudera Hindia yang luas. Jarak turun ke mata air sekitar 450 meter dengan kemiringan hampir 80 derajat.Kemiringan jurang yang curam inilah yang memacu adrenaline para pengunjung. Setelah sampai di bawah pengunjung akan disuguhkan derasnya air yang mengalir dari tebing, karena itu mata air Guyangan juga disebut air terjun Guyangan. Di sebuah bak penampungan yang lebih dikenal dengan kolam alami ini, pengunjung dapat berendam merelaksasikan diri dan melepas rasa lelah saat menuruni tangga ditemanisuasana alamyang eksotis.

Pemandangan Laut Menuju Mata Air Guyangan Nusa Penida
Pemandangan Laut Menuju Mata Air Guyangan Nusa Penida

Aliran sumber mata air yang ditampung dalam sebuah kolam besar di bibir tebing  merupakan tempat pemandian yang disediakan bagi wisatawan. Ketika pengunjung berenang di kolam mata air, pemandangan deretan tebing, pulau – pulau kecil dan lautan lepasyang biru menjadikan panorama luar biasa membuat pengunjung seperti berada di kolam renang hotel berbintang atau villa mewah sehingga menjadikanpengunjung betah berlama – lama berendam menikmati jernihnya air yang bersih, dingin, dan menyegarkan.Di sebelah barat, terdapat air di kolam,digunakansebagai tirta yang diambil warga untuk upacara keagamaan. Dan di sebelah timur juga terdapat aliran air yang dibiarkan mengalir ke laut.

Anak Tangga menuju Mata Air Guyangan Nusa Penida
Anak Tangga menuju Mata Air Guyangan Nusa Penida

Sumber mata air yang deras ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan air bersih dan kelangsungan kehidupan masyarakat lokal Nusa Penida.Tetapi tidak sepenuhnya bisa dimanfaatkan karena keterbatasan mesin pompa air yang ada.Daerah di Nusa Penida yang sudah terjangkau aliran mata air Guyangan yaitu Desa Kutampi, Batu Kandik, Sekar Taji, Batu Madeg, Tanglad, Pejukutan, Klumpu, dan Bunga Mekar.Yuk bagi para pelancong yang mencari objek wisata yang seru dan menantang dengan panorama keindahan alam dan lautan luas yang luar biasa, anda bisa mencoba berkunjung ke mata air Guyangan dan rasakan sendiri sensasinya.

Ingin tahu lebih banyak mengenai objek atau tempat-tempat wisata menarik di pulau Nusa Penida?? Silahkan kunjungi Wisata di Nusa Penida untuk mencari tahu tempat wisata menarik lainnya yang terdapat di Nusa Penida.

\

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*



*