Mata Air Temeling Nusa Penida, Kolam Indah Nusa Penida

Mata Air Temeling ? Ya, mendengar kata mata air pasti kita sudah membayangkan sejuk dan segarnya air tawar dengan nuansa natural dan asri di sekitarnya. Mata Air Temeling Nusa Penida yang menjadi tujuan wisata bagi wisatawan yang penasaran dengan keindahan alam yang tidak usah diragukan lagi dan belum terjamah pembangunan ini. Objek wisata ini juga biasa dijuluki Natural Swimming Tembeling. Konon, menurut cerita awal mula dikenal dengan sebutan Natural Swimming Tembeling karena ditemukan oleh seorang ibu hamil yang mengejar ternak nya ke hutan lalu menemukan mata air. Karena ditemukan oleh ibu hamil yang dalam bahasa bali berarti beling maka disebut lah Natural Swimming Tembeling oleh warga sekitar.

Jumping Cliff Mata Air Temeling Nusa Penida
Jumping Cliff Mata Air Temeling Nusa Penida

Di Mata Air Temeling terdapat kolam yang bisa langsung diminum airnya, dulu sebelum ada pembangunan seperti sekarang di Nusa Penida, masyarakat setempat biasa menggunakannya sebagai sumber air untuk kebutuhan sehari – hari dari kolam ini. Namun sekarang mata air di kolam ini biasa digunakan sebagai air suci atau tirta oleh masyarakat sekitar. Maka dari itu, bagi  para pengunjung yang berkunjung ke Mata Air Temeling, dipercaya akan memberi pengaruh positif untuk pengunjung.

Terdapat juga kolam yang lebih besar yang biasanya digunakan sebagai tempat pemandian bagi pria. Sedangkan satu tingkat di bawahnya terdapat kolam lain untuk wanita yang berbatasan langsung dengan pantai.Perbedaan kolam ini terletak pada kedalamannya, kolam khusus pria lebih dalam dan dikatakan tidak ada dasarnya sedangkan kolam khusus wanita tinggi air nya hanya selutut orang dewasa. Pengunjung dapat berendam dan berenang sepuasnya ditemani suara percikan air yang menyegarkan raga. Mata Air Temeling Nusa Penida memiliki diameter sekitar 5-6 meter, dan terletak diantara tebing tinggi dan jurang.

Berenang di Kolam Air Temeling Nusa Penida
Berenang di Kolam Air Temeling Nusa Penida

Mata Air Temeling terletak di Banjar Salak, Desa Batumadeg, Nusa Penida. Lokasi objek wisata ini cukup jauh dari pusat kota Nusa Penida. Untuk mencapai lokasi kira – kira jarak tempuh sekitar 35km . Saat  tiba di parkiran, para pengunjung juga harus trekking melewati jalan setapak perbukitan sepanjang 1,6 km untuk mencapai objek wisata Mata Air Temeling. Bagi para pecinta alam, Mata Air Temeling akan menjadi pilihan tempat wisata yang tepat untukmenyatu dengan alam dan mengeskplore hobi pengunjung. Sedangkan akanmenjadi pengalaman baru bagi pengunjung yang jarang melakukan wisata alam. Ketiba tiba di Mata Air ini, semua rasa lelah yang dirasakan pengunjung seolah hilang karena pesona ciptaan tuhan yang indah ini.

Mata Air Temeling berada di kawasan hutan yang masih dilindungi dan terjaga. Sehingga pengunjung akan benar – benar merasakan suasana hutan klasik dan alami ditemani suara percikan air.Penasaran bukan dengan kesegaran mata air tawar Temeling, jangan lupa jika berkunjung ke Nusa Penida, pastikan Mata Air Temeling menjadi salah satu tujuan wisata anda.

Anda dapat mengunjungi tempat wisata menarik lainnya di Nusa Penida. silahkan kunjungi website Objek Wisata di Nusa Penida untuk membaca beberapa artikel mengenai lokasi wisata di Nusa Penida.

Baca Juga Artikel Ini !

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*



*