Omed Omedan Tradisi Berciuman Masal di Sesetan

Satu hari setelah hari raya nyepi, para pemuda dan pemudi Sesetan melaksanakan tradisi omed-omedan (berciuman masal). Ini bukan aksi pornografi, ciuman masal yang dilakukan para pemuda dan pemudi Sesetan Denpasar ini merupakan tradisi omed omedan yang digelar setiap tahun untuk melestarikan warisan budaya leluhur. Dalam Bahasa Bali Omed Omedan ini memiliki makna tarik-menarik. Para peserta yang mengikuti omed omedan harus berumur antara 17 – 30 tahun dan belum menikah. Prosesi omed omedan diawali dengan memisahkan antara pemuda dan pemudi menjadi dua kelompok.

omed omedanomed omedan omed omedan

Selanjutnya satu per satu pasangan di arak dan saling berpelukan dan berciuman. Meski prosesi omed omedan rutin digelar namun masih banyak peserta wanita yang terlihat malu malu, sebaliknya bagi yang pria terlihat begitu antusias hingga mengundang tawa penonton.

Tradisi omed omedan dilakukan sejak abad ke-17 dan terus menerus dilaksanakan setiap usai perayaan hari raya nyepi. Selain menjaga kebersamaan, warga khawatir akan terjadi mala petaka jika tradisi ini dihentikan karena tradisi ini diyakini juga sebagai penolak bala.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*



*