Pura Tirta Empul Tampak Siring

Mata Air Tirta Empul

Pura Tirta Empul Tampak Siring merupakan mata air yang disucikan oleh umat Hindu di Bali yang berlokasi sekitar 39 Km dari Denpasar. Mata Air yang disakralkan ini diyakini dapat menetralisir pengaruh negatif atau kata lainnya mata air disini diyakini bisa membersihkan diri kita dari kekuatan jahat. Keyakinan itu muncul karena banyak orang yang sakit dan sudah berobat ke berbagai dokter dan tidak kunjung sembuh, setelah mandi di Mata Air Tirta Empul dengan menghaturkan sesajen, penyakitnya langsung sembuh.

Pura Turta Empul Tampak Siring berada di lembah yang dikeliling bukit yang hijau. Di bukit bagian barat Pura Tirta Empul merupakan Istana Presiden Sukarno. Nama Tirta Empul termuad pada prasasti yang berada di Pura Sakenan, Desa Manukaya -Tampak Siring yang jaraknya kurang lebih 3 km dari Pura Tirta Empul. Dalam prasasti itu, Tirta Empul ini diberi nama oleh Tirta Ri Air Hampul yang kemudian berubah menjadi Tirta Hampul dan terakhir disebut “Tirta Empul”. Tirta Hampul memiliki arti Mata Air atau Kolam Suci yang berarti air muncul dari tanah.

Jika berlibur ke Bali dan mengajak anak – anak ke sini juga ada sebuah kolam dengan ikan yang berwarna warni, di sini kita bisa membeli makan ikan dan memberikan ke ikan. Para ikan akan berebut dengan teman temannya. Pemandangan ini sungguh disukai oleh anak anak karena sensasinya berbeda dengan kolam ikan pada umumnya. Hal itu dipengaruhi oleh kejernihan air di sini karena bersumber dari mata air yang tentunya disucikan di Bali.

Mata Air Tirta Empul

 

 

 

Pada hari raya atau hari hari suci di Bali seperti Banyu Pinaruh, Purnama, Tilem dan hari suci lainnya,  pura Tirta Empul akan dipadati oleh umat Hindu yang melakukan ritual pemandian atau istilah di bali melukat.

Klik di sini untuk mengirim review/ulasan anda.


Submit your review
* Required Field

Baca Juga Artikel Ini !