Voucher Tiket Menonton Tari Barong Batubulan

Jpeg

Tari Barong Batubulan menjadi salah satu tujuan destinasi wisata spesial di Bali yang mengandung nilai filosofi kehidupan manusia. Seni tradisional yang sebenarnya sakral, tapi sekarang menjadi pentas tari yang paling banyak disaksikan wisatawan yang datang ke Bali. Pertunjukkan tari barong yang banyak dikunjungi wisatawan terletak di Desa Batubulan, Gianyar, Bali. Tari Barong menceritakan tentang kisah pertarungan antara kebajikan melawan kejahatan. Kebajikan yang digambarkan dengan tokoh barong dan kejahatan yang digambarkan dengan tokoh rangda. Pertunjukkan berlangsung setiap hari mulai pukul 09.30 WITA dengan durasi pertunjukkan selama 1  jam.

Atribut Tari Barong

Pertunjukkan Tari Barong di Batubulan ini biasa menampilkan barong ketket dengan kostum perpaduan antara singa, macan, sapi, dan boma dengan hiasan rumbai – rumbai. Di badannya dihiasi dengan ornamen dari kulit, potongan kaca cermin, dan juga bulu – bulu dari serat daun pandan. Dimainkan oleh 2 penari, 1 penari berada di posisi depan menggerakkan kepala dan kaki depan barong, dan penari kedua berada di belakang menggerakkan ekor dan kaki belakang barong.

tari barong batubulan

Cerita Pertunjukkan Tari Barong Batubulan

Pertunjukkan Tari Barong menceritakan kisah kebaikan melawan kejahatan, dimana tokoh baik yaitu barong berusaha melawan tokoh jahat yaitu rangda. Dalam pertunjukkan ini juga terdapat adegan – adegan yang menimbulkan ketegangan dan ketakutan penonton, dimana terdapat beberapa orang yang sudah terkena percikan air suci dan dikuasai mahluk halus menusukkan kerisnya ke dada tapi tidak terluka.

Cerita pertunjukkan ini dibagi dalam lima babak. Cerita berpusat pada salah seorang Pandawa yaitu Sahadewa yang dikorbankan ibunya untuk persembahan untun Durga. Sebenarnya Kunthi tak tega untuk mengobarkan anaknya dan ingin untuk membatalkannya. Tetapi kemudian Kunthi terpedaya bujukan Durga dan Kunthi menjadi marah kepada Sahadewa dan mengikat Sahadewa di bawah pohon sama waktu persembahan. Sebelum itu terjadi datanglah Dewa Wisnu memberikan kesaktian pada Sahadewa agar tak terkalahkan.

Saat waktu persembahan tiba, Durga turun untuk membunuh Sahadewa tetapi tidak mampu membunuh Sahadewa karena telah menjadi sakti. Sebaliknya malah Durga yang terkalahkan dan meminta Sahadewa membunuh dirinya agar bisa masuk surga. Terbunuhnya Durga membuat Kalika yaitu murid Durga menuntut balas dengan mencoba membunuh Sahadewa. Namun Kalika kalah dan berubah menjadi babi hutan, tetapi karena terus dikejar – kejar masyarakat berubahlah Kalika menjadi burung raksasa (paksi). Saat menjelma menjadi burung raksasa pun Kalika tidak bisa mengalahkan Sahadewa. Lalu kemudian Kalika menjelma menjadi Rangda yang sangat sakti. Setelah itu Sahadewa tidak mudah mengalahkan Rangda. Sahadewa pun berubah wujud menjadi Barong agar bisa mengalahkan Rangda. Walaupun Barong memanggil pasukan keris tetap tidak dapat mengalahkan kesaktian Rangda. Pertarungan antara Barong dan Rangda pun ternyata tidak pernah berakhir. Pesan moral dari pertunjukkan ini adalah pertarungan abadi antara kebajikan dan kejahatan yang akan selalu ada di bumi ini.

tari rangda

Kapan Sebaiknya Memesan Tiket Tari Barong?

Sebaiknya pemesanan tiket Tari Barong untuk grup minimal 1 minggu sebelum anda akan menontonnya agar semuanya mendapat tiket. Dan untuk peorangan minimal 3 hari sebelumnya anda memesannya.

Harga Tiket Murah Tari Barong Batubulan

  Rp 100.000 menjadi Rp 70.000/orang (hemat 30 ribu/org)

Dapatkan harga khusus untuk grup minimal 10 orang.

Anda ingin mengetahui wisata kebudayaan bali lainnya?? silahkan kunjungi halaman Tari Kecak 

Silahkan isi form di bawah ini untuk melakukan pemesanan, atau kirim SMS/WA/CALL : 085333496534 (24 Jam)

Product yang ingin di booking (dibutuhkan)

Nama Anda (dibutuhkan)

Email Anda (dibutuhkan)

No Telephone (dibutuhkan)

Tanggal Aktivitas (dibutuhkan)

Dari mana anda mengtahui Info ke Bali ?

Katerangan/Permintaan Tambahan

Silahkan masukkan kode dibawah ini untuk keamanan !
captcha

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*



*