Pertunjukkan Tari Kecak Bali Yang Sangat Terkenal

Bali terkenal dengan berbagai tarian tradisionalnya, salah satu pertunjukkan di Bali yang paling populer dan selalu penuh dengan penonton yaitu pertunjukkan tari kecak. Jika anda berlibur ke Bali tidak lengkap rasanya bila tidak menyaksikan pertunjukkan tari kecak. Decakan musik dari mulut penari dan iringan para penari kecak memberikan nuansa magic pada pertunjukkan ini.

Ciri Khas Tari Kecak

Ciri khas tari kecak adalah harmonisasi gerak dan suara dari puluhan penarinya yang dilakukan serempak tanpa adanya arahan dari seseorang. Tentunya tidak mudah menyatukan harmonisasi puluhan orang penari.Pertunjukkan tari kecak selalu berlangsung menarik karena gabungan pertunjukkan paket musik ritmis, suara dan gerakan para penarinya, selain itu karena keunikan kostum yang berwarna – warni. Inilah keunikan dari Bali, selain adat istiadat dan keindahan alamnya yang mempesona, Bali juga bisa menyuguhkan atraksi wisata seni budaya yang menjadi daya tarik wisatawan.

tari kecak

Sejarah Tari Kecak

Awalnya tari kecak berasal dari ritual sakral bernama Sang Hyang yaitu prosesi tari Hindu Bali dimana terdapat penari yang kemasukan roh dan menjadi media komunikasi dengan para dewa/ leluhur yang akan menyampaikan pesannya dan biasanya penari berada dalam kondisi tidak sadar. Wayan Limbak bekerja sama dengan seorang pelukis Jerman yaitu Walter Spies yang mempopulerkan tari kecak yang berkisah Ramayana dan tradisi Sang Hyang ini. Sejak tahun 1930 – an, tari kecak mulai menyisipkan cerita Ramayana dalam pertunjukkannya. Wayan Limbak juga sempat berkeliling dunia bersama rombongan penari untuk mengenalkan tarian ini, hingga kini tari kecak menjadi sebuah pertunjukkan.

tari-kecak-uluwatu-2

Cerita Tari Kecak

Saat pertunjukkan akan dimulai, puluhan penari pria bersarung kotak – kotak dan tidak memakai pakaian atasan masuk ke area panggung sambil mengangkat tangannya secara serempak dan berteriak “cak cak cak” dan iringan bunyi lainnya yang berasa dari mulut penari. Ketika para penari sudah duduk melingkari perapian yang sudah padam, sesepuh membuka ritual dengan memercikan air suci kepada penari. Sebelumnya sudah dilaksanakan upacara pembuka bagian dari tradisi Sang Hyang.

Setelah pertunjukkan kecak, dilanjutkan dengan cerita Ramayana.Sri Rahma yang merupakan putra mahkota kerajaan Ayodya diasingkan ke hutan Dandaka bersama istri dan adiknya yaitu Dewi Shinta dan Truna Laksamana oleh ibu tirinya Dewi Kakayi. Rahwana yang mengetahui Dewi Shinta berada di hiutan sangat terpikat dengan kecantikannya, lalu Rahwana mengirimkan kijang dengan bantuan parihnya agar Shinta tertarik. Ternyata benar, Shinta meminta Rama untuk menangkap kijang yang melintas dan akhirnya Rama pun pergi mengejar kijang. Shinta tiba – tiba nendengar suara teriakan dan mengira itu suara Rama lalu meminta bantuan Laksamana untuk membantu Rama ke arah suara teriakan.

tari-kecak-ubud

Saat sedang sendirian, Rahwana ingin menculik Shinta tetapi tidak berhasil. Akhirnya menyamar sebagai Bhagawan yang ingin meminta air. Shinta pun iba dan ketika mengulurkan tangannya memberikan air, Bhagawan langsung berubah menjadi Rahwana dan langsung menarik Shinta untuk dibawa ke Alengka. Burung Garuda yang melintas segera menolong Shinta, tetatpi kalah dan justru sayapnya yang ditebas.

Rama yang bertemu Laksamana tersesat di hutan Ayodya akhirnya mengetahui Shinta diculik Rahwana. Hanoman pun diminta tolong untuk menyelamatkan Shinta. Hanoman mendatangi Shinta dan menunjukkan cincin Rama untuk bukti bahwa Ia adalah utusan Rama untuk menyelamatkan Shinta. Kemudian Shinta memberikan bunga pada Hanoman sebagai simbol jika Ia minta diselamatkan untuk diberikan pada Rama. Hanoman lalu pergi ke Alengkapira dan mengobrak – abriknya dan terjadilah pertarungan sengit. Hanoman yang dikeroyok raksasa akhirnya tertangkap, lalu raksasa mengikat dan membakarnya. Namun karena kesaktiannya, Hanoman berhasil keluar dan memadamkan api. Atraksi Hanoman inilan yang mengundang teriakan kagum dan tepuk tangan dari penonton.

tari-kecak-tanah-lot

Lokasi Menyaksikan Tari Kecak

Tari Kecak Uluwatu

Lokasi : kecak dance uluwatu ini di pertunjukan di dalam kawasan area pura Uluwatu

Waktu : Setiap hari pukul 18:00  s/d 19:00

Tari Kecak Ubud

Lokasi : Kawasan Wisata Ubud, lokasi berubah / bergilir

Waktu : Setiap hari pukul 19:00 s/d 20;00

Tari Kecak Batu Bulan

Lokasi : Kecak Dance di Batu Bulan, berlokasi sama dengan Barong Dance Batu Bulan

Waktu : Setiap hari pukul 18:30 s/d 19:30

Tari Kecak Tanah Lot

Lokasi : Kawasan wisata Pura Tanah Lot

Waktu : Setiap hari pukul 18:30

tari-kecak-batu-bulan

 

Anda ingin mengetahui wisata kebudayaan bali lainnya?? silahkan kunjungi halaman Tari Barong Batubulan

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*



*