Air Terjun Suwat Waterfall Gianyar Bali | Objek Wisata

Halo Travelers gimana kabarnya hari ini? semoga sehat dan bahagia ya,, sudah mau liburan weekend ada nih, kira kira anda sudah punya rencana liburan mau kemana belom?,, kali ini kita mau ulas tuntas salah satu air terjun baru di Gianyar nih namanya Air Terjun Suwat Waterfall, Selengkapnya baca di bawah ya,,

Air Terjun Suwat Waterfall Gianyar

Air terjun ini adalah air terjun tersembunyi di wilayah kabupaten Gianyar dengan keindahan yang masih jarang di ketahui oleh banyak orang karena objek wisata air terjun ini mulai di buka di penghujung tahun 2019 pada bulan September. Air terjun ini memiliki suasana yang sangat nyaman dengan lingkungan alam yang masih asri dan terawat. Pengelolaan Air Terjun Suwat sudah sangat bagus. Dengan memperhatikan penjagaan air terjun oleh beberapa orang staf yang bekerja untuk keamanan wisatawan selama mengunjungi air terjun suwat waterfall. Termasuk juga tatanan lingkungan di area menuju ke air terjun, parkiran, toilet, tempat makan, dan lain sebagainya. 

by. infokebali

Lokasi Air Terjun Suwat

Air Terjun Suwat Waterfall secara administratif berada di Desa Suwat, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar, Bali. Lokasi air terjun yang cukup strategis ini berada di antara jalur pariwisata antara Tampaksiring dan Gianyar. Air Terjun Suwat tepatnya  berada di Aliran Sungai Melahange Desa Suwat. Akses untuk menuju ke Suwat Waterfall dapat melalui area Pura Dalem Desa Suwat, ada area parkir yang cukup luas di utara Pura yang dimanfaatkan sebagai tempat parkir untuk pengunjung air terjun suwat. Dari Loket Tiket masuk kita akan melalui jalan setapak dan juga anak tanggang kurang lebih 200 meter.

  • Jika dari Pusat Ubud ke Air Terjun Suwat sekitar 30 menit berkendara (15.2 km)
  • Dari Tampaksiring ke air terjun sekitar 20 menit berkendara (10.2 km)
  • Dari Sanur Denpasar ke air terjun sekitar 1 jam berkendara (31.2 km)

Selengkapnya anda bisa cek lokasi beserta rute menuju Air Terjun Suwat melalui Google maps

Harga Tiket Masuk ke Air Terjun Suwat

Untuk harga tiketnya menggunakan batasan usia dimana untuk anak- anak hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000/orang dan untuk dewasa dikenakan biaya Rp. 15.000/orang (harga tiket masuk dapat berubah sewaktu-waktu). Harga yang normal dan terjangkau untuk menikmati keindahan air terjun Suwat Waterfall ya travelers..

ny. infokebali

Cara Menuju ke Suwat Waterfall?

Hari ini kita mengunjungi air terjun suwat di pagi hari, berangkat dari Ubud sekitar pukul 10 pagi dan 30 menitan perjalanan untuk mencapai lokasi air terjun. Selama perjalanan kita dapat melihat suasana pedesaan di sepanjang jalan saat memasuki area menuju Pura Dalem Desa Suwat. Setelah parkir kendaraan dan membeli tiket masuk, saatnya kita menuju ke air terjun suwat. Akses menuju air terjun sudah sangat mudah karena kita hanya mengikuti jalan setapak, dimana di kanan kiri terdapat tumbuhan dan pohon hijau sepanjang jalan, saat mulai menuruni anak tangga kita seperti berada di dalam hutan dengan pemandangan di kanan kiri tangga adalah pepohonan. Sesampainya kita di lokasi air terjun sekitar 5 sampai 7 menitan dari loket tiket masuk sampai di bawah di area air terjunnya. Saat pertama melihat air terjun suwat rasanya sangat nyaman dan tenang ditambah udara yang sejuk. Air terjun ini tidak terlalu tinggi karena memiliki ketinggian sekitar 7-8 meter, namun dari permukaan air ke bawah kedalaman air terjun suwat sekitar 7 meter. Jadi jika anda ingin berenang di air terjun sangat dibolehkan asalkan anda bisa berenang. 

by. infokebali

Daya Tarik Air Terjun Suwat Waterfall

Air terjun suwat memiliki banyak daya tarik unik baik dari Air terjunnya yang indah, Spot foto paling menarik dan dijadikan maskot di air terjun ini adalah Rakit dimana pengunjung dapat menaiki rakit yang sudah disediakan oleh pihak pengelola suwat waterfall, untuk pengambilan foto kita bisa ambil foto sendiri di bantu teman atau minta tolong ke penjaga air terjunnya. Bagaimana kalau saya tidak bisa berenang dan mendayung rakit namun ingin berfoto di atas rakit dengan latar air terjun?,, jangan khawatir karena penjaga disini sangat ramah dan baik, anda bisa minta tolong bahkan waktu ini ketika kami ke suwat waterfall, penjaganyalah yang malah mendorong niat kami untuk berfoto dengan rakit, karena mereka mau menjaga pengunjung di kanan kiri rakit dan memastikan keamanan pengunjung ketika bermain ataupun berfoto di rakit. Di Balik air terjun suwat juga terdapat goa yang cukup besar dimana kita bisa mencoba masuk ke dalam gua lalu menaiki batu besar di dekat goa dan kita bisa melakukan jumping dari batu besar ke kolam air terjun suwat. Selain rakit banyak bebatuan besar yang di ukir indah dengan berbagai bentuk seperti kura-kura, ikan dan lain sebagainya yang membuat area ini indah dan banyak titik foto yang menarik.

Fasilitas Yang Tersedia Di Air Terjun Suwat Waterfall

Pengelolaan Objek Wisata Air Terjun Suwat sepenuhnya masih dikelola oleh Desa Suwat sehingga, pembangunan infrastruktur dan fasilitas terus dilakukan secara bertahap. Sejauh ini pengelolaan objek wisata ini sudah sangat bagus, terlihat dari akses yang dibuat baik jalan setapak sampai anak tangga, tersedianya toilet dan ruang ganti bagi pengunjung, ada mini bar atau tempat makan di dekat air terjun. Saat kami ke air terjun kami hanya melihat 1 mini bar atau tempat makan, yang mungkin juga dikelola oleh Desa Suwat. 

Demikian ulasan yang dapat kami bagikan ke travelers, jangan lupa masukkan Suwat Waterfall ke List kunjungan wisata travelers ya,, 

Untuk lebih jelas bagaimana situasi sebenarnya di air terjun suwat, boleh dong teman-teman traveler tonton video dibawah, kita waktu ini sudah mengunjungi air terjun suwat untuk review teman teman traveler yang mau mengunjungi suwat waterfall,,

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *