Air Terjun Tegenungan, Air terjun di dataran rendah

Keberadaan objek wisata saat ini di Bali kita banyak. Salah satu objek wisata yang banyak menarik minat pengunjung untuk berkunjung adalah air terjun. Kesempatan kali ini kita akan mengajak teman-teman untuk berkunjung ke salah satu air terjun yang jaraknya cukup dekat dengan Kota Denpasar yaitu Air Terjun Tegenungan.

Jika teman-teman yang sedang berlibur ke Bali bosanketika mengunjunggi objek wistaa pantai, air terjun merupakan alternatif lain yang bisa teman-teman kunjunggi saat berlibur ke Bali. Sebagai salah satu objek wisata unggulan yang berada di Kabupaten Gianyar, Air terjun ini memiliki keindahan alam yang masih hijau serta sangat mudah dijangkau jika teman-teman datang menggunakan mobil ataupun dengan berkendara sepeda motor.

Lokasi Air Terjun Tegenungan

Air Terjun Tegenungan atau dikenal dengan Tegenungan Waterfall berlokasi di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Jika teman-teman berangkat dari arah Bandara Ngurah Rai hanya memerlukan waktu di perjalanan selama 55 menit perjalanan melalui Jl. By pass Ngurah Rai.

Air Terjun Tegenungan berada pada jalur wisata Sukawati-Ubud. Jadi jika teman-teman yang ingin berkunjung kesini dipastikan tidak mengalami kesuliatan askes untuk mencapai lokasi air terjun Tegenungan ini. Dari Pasar Seni Sukawati kita hanya menempuh perjalanan sejauh 4 km selama 10 menit untuk tiba di lokasi air terjun ini.

Air Terjun Tegenungan ini memiliki ketinggian yang berkisar 15 meter, dengan debit air sungai Petanu yang cukup deras. Gemuruh dari aliran air disini sudah terdengan sebelum kita mencapai di areal air terjun tegenungan. Walaupun suara gemuruh air terdengar dari kejauhan, dari areal parkir untuk bisa menikmati pemandangan Air Terjun Tegenungan ini kita perlu menuruni ratusan anak tangga. Setelah kita dapat menikmati keindahan Air Terjun Tegenungan ini, stamina kita harus tetap kuat supaya bisa menaiki anak tangga tadi untuk bisa mencapai ke tempat parkir kendaraan.

Fasilitas yang terdapat di Air Terjun Tegenungan

Sebagai salah satu objek wisata di Bali yang perkembangan kunjungan wisatawannya meningkat, objek wisata Air Terjun Tegenungan saat ini sudah tertata rapi dan dilengkapi dengan area parkir yang luas. Sepanjang jalan menuju air terjun ini juga sudah tersedia bnayak warung-warung kecil serta tempat makan milik warga sekitar yang siap melanyani pengunjung yang datang ke air terjun Tegenungan ini jika pengujung ingin membeli makanan atau minuman. Fasilitas lainnya yang terdapat disini, sudah tersedia toilet serta kamar ganti jika ada pengunjung yang ingin bermain air disini. Selain itu, di area wisata ini juga terdapat gazebo yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk bersitirahat atau sekedar duduk sambil menikmati pemandangan yang ada.

Tiket masuk ke Objek Wisata Tegenungan

Bagi pengunjung yang datang ke objek wisata Air Terjun Tegenungan ini akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 20.000/orang . Tiket masuk ini sudah tergolong murah untuk dapat menikmati keindahan air terjun yang letaknya masih dekat dengan perkotaan. Air Terjun Tegenungan ini cukup menarik dikarenakan lokasinya yang berada di dataran rentah dan searah dengan objek wisata populer lainnya di Bali seperti Hidden Canyon Beji Guwang, Goa Gajah, Tirta Empul.

Daya Tarik Objek Wisata Air Terjun Tegenungan

Liburan yang menarik di Air Terjun Tegenungan ini sangat cocok jika datang bersama keluarga atau dengan pasangan. Keindahan aliran air di Air Terjun Tegenungan ini dapat kita nikmati sambil duduk santai dari gazebo yang telha disediakn disini. Juga jangan lupa untuk mengabadikan moment liburan teman-teman disini dengan berfoto ria yang menggunakan latar belakang aliran air di Tegenungan ini. Setelah puas menikmati foto-foto disini, kita dapat menuju ke bawah ke dekat sungai dimana kita juga dapat menemukan pancoran yang aliran airnya sangat jernih.

Demikian sedikit ulasan kami mengunjunggi Air Terjun Tegenungan, semoga bermanfaat untuk teman-teman yang sedang merencakan liburan ke Pulau Dewata Bali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *