Banyumala Twin Waterfall

Hai,, teman-teman semua. Hari ini kita kembali membahas temapat wisata di bali yang saat ini sedang populer di kalangan travellers yaitu Air Terjun Banyumala .

Bali dikelilingi oleh berbagai pantai yang indah dan cantik untuk bisa ditemui. Kekayaan wisata alam Bali akan menghipnotis siapa saja yang akan mengunjunginya. Banyak pilihan objek wisata yang bisa dinikmati ketika kita senang berlibur ke Bali, salah satunya wisata air terjun. Air terjun memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi. Salah satu air terjun yang terletak di Kabupaten Buleleng yang pada kesempatan kali ini dapat kita kunjungi adalah air terjun Banyumala.

Lokasi Air Terjun Banyumala

Air terjun Banyumala berlokasi di Desa Sukasada, Kecamatan wanagiri, Kabupaten Buleleng, Bali. Berada di kawasan Bali Utara, lokasi air terjun ini berdekatan dengan objek wisata Danau Buyan dan Danau Tamblingan. Jadi, bagi teman-teman yang sedang berkunjung ke daerah Bali Utara, jangan lupa untuk datang ke Air Terjun Banyumala ini. Jika kita berkendara dari wilayah Denpasar menempuh perjalanan selama kurang lebih 2 jam. Dikarenakan lokasi air terjun banyumala ini berada di dasar lembah, medan yang harus kita lewati sedikit curam. Setibanya di tempat parkir kita juga perlu perjalanan selama kurang lebih 20 menit untuk bisa sampai di lokasi air terjun banyumala. Oleh pengelola objek wisata yaitu warga sekitar telah menyediakan akses yang cukup baik untuk bisa sampai di air terjun banyumala. Walaupun ada beberapa meter tangga yang dibuat belum permanen serta kondisi jalan yang masih ada berbatu, tidak menyurutkan niat pengunjung untuk mengunjungi air terjun banyumala ini. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan oleh hijau dan rimbunnya pohon yang tumbuh di sekitar air terjun banyumala serta perkebunan Hydrangea (bunga kembang seribu) milik warga sekitar.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Banyumala

Setibanya di air terjun Banyumala kita akan disambut oleh segarnya udara dan asrinya suasana di sini. Air terjun Banyumala berada persis di sebuah lembah dengan tiga sisi air terjun, yang mana air yang alirannya terbesar dan tertinggi berada di tengah-tengah dan diapit oleh dua aliran air yang lebih kecil. Di Bawah aliran air yang deras ini, terdapat sebuah kolam alami yang airnya sangat jernih dan menyegarkan. Hamparan keindahan alam ini akan memanjakan mata kita untuk berlama-lama tinggal disini.

Berbagai aktivitas dapat kita lakukan untuk menikmati keindahan air terjun Banyumala ini. Selain berfoto selfi kita juga dapat berenang ataupun hanya sekedar menurunkan kaki ke air. Saat saya kesini juga ada melihat pengunjung yang hanya duduk di pinggir kolam sambil membaca buku. Suasana tenang yang jauh dari hiruk pikuk kota sangatlah terasa disini. Objek wisata air terjun Banyumala juga terdapat gazebo yang bisa kita gunakan hanya untuk duduk beristirahat. Fasilitas lain yang terdapat disini yaitu sudah tersedianya tempat ganti pakaian ataupun toilet. Selain itu, Air terjun Banyumala juga terdapat sebuah jembatan merah yang dapat dijadikan spot foto menarik saat berkunjung kesini. Jernihnya air yang terdapat di air terjun Banyumala ini juga memudahkan kita melihat dasar kolam , dimana kolam ini memiliki kedalaman sekitar 2 meter dengan diameter 20 centimeter.

Tiket masuk ke Air Terjun Banyumala

Untuk dapat menikmati indahnya pemandangan air terjun Banyumala, pengunjung hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 20.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 30.000 untuk warga asing. Waktu operasional air terjun Banyumala ini dari pukul 08.00 – 17.00 WITA.

Keindahan air terjun Banyumala sudah terkenal ke mancanegara. Alamnya yang masih tenang, asri dan damai membuat kita tidak ingin meninggalkan air terjun Banyumala ini. Sebagai pencita wisata alam, tidak lupa saya ingatkan untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, sehingga alam tetap terjaga keindahannya.

Demikan sedikit informasi yang saya tuliskan mengenai air terjun Banyumala, untuk video perjalanan kami dapat disaksikan pada link berikut :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *