Bukit ‘cinta’ Campuhan Ubud

Liburan di Bali tidak hanya sekedar berkunjung ke pantai ataupun air terjun. Kali ini kita akan mengunjunggi salah satu spot instagramable yang berada di pusat pariwisata Ubud, yaitu Bukit Campuhan Ubud.

Sisi lain dari Pulau Bali yang dapat kita kunjungi ialah Bukit Campuhan Ubud, yang merupakan hamparan bukit hijau panjang terdapat di tengah pusat pariwisata Ubud. Daya tarik wisata ini menampilkan luasnya padang ilalang yang tentunya berbeda dengan objek wisata lainnya di Pulau Dewata, tentunya berbeda dari tempat wisata lainnya di Bali yang terkenal dengan indahnya pantai ataupun air terjun. Destinasi tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan romatis. Untuk dapat menikmati pemandangan yang cantik ini kita tidak perlu mengeluarkan biaya tiket alias gratis. Walaupun demikian kita harus tetap menjaga kebersihan lingkungan sekitar dengan tidak merusak tanaman yang ada.

Akses menuju Bukit Campuhan Ubud sangat mudah kita temui, meskipun tidak terdpat dengan jelas papan nama keberadaan Bukit Campuhan Ubud ini. Jika kita sedang berjalan-jalan ke pasar seni Ubud, kita hanya mengikuti jalan menuju arah Kedewatan. Bukit Campuhan Ubud letaknya berdekatan dengan Warwick Ibah Luxury Villas & Spa Ubud dan sebuah Sekolah Kejuruan yaitu SMK Pariwisata Putra Bangsa Ubud. Lokasi Bukit Campuhan Ubud ini berada cukup tersembunyi karena letaknya di belakang pura yaitu Pura Gunung Lebah. Pura Gunung Lebah sendiri memiliki makna yaitu sebuah bukit kecil yang berada di lembah. Pura Gunung Lebah termasuk ke dalam daftar pura khayangan jagat yang disucikan oleh masyarakat Ubud dan juga merupakan cikal bakal berdirinya Desa Ubud. Di bawah Bukit Campuhan Ubud juga terdapat sebuah sungai yang merupakan pertemuan dua buah aliran sungai yaitu Sungai Oos dan Sungai Cerik.

Biasanya jika kita datang dengan berkendaran sepeda motor kita dapat memarkirkan kendaraan di depan SMK Putra Bangsa. Namun, jika dalam suasana yang ramai dan kita menggunakan mobil untuk datang kesini kita biasanya parkir di pinggir jalan raya Ubud. Dari parkir sekolah ini kita hanya perlu turun melewati jembatan kecil untuk menuju ke Bukit Campuhan ini. Jangan khawatir kita tidak akan tersesat karena saat ini sudah diberikan pentujuk jalan untuk dapat menikmati pemandangan hijaunya padang ilalang yang ada di Bukit Campuhan ini. Jangan yang dilaluipun sudah bagus. Sepanjang jalan yang dilalui terdapat beberapa batu-batu yang dipahat yang membuat kesan menjadi klasik.

Waktu terbaik untuk kita mengunjunggi objek wisata Bukit Campuhan Ubud ialah di pagi hari sambil melihat matahari terbit ataupun di sore hari saat matahari mulai terngelam. Saat mengunjunggi Bukit Campuhan Ubud pengunjung dapat melakukan beberapa aktivitas di luar ruangan dengan suasana yang tenang dan nyaman diantaranya jogging, bersepeda , ataupun trekking. Kondisi trek yang tidak sulit serta sudah tertata rapi dengan pemandangan alam yang hijau menjadikan Bukit Campuhan Ubud sebagai tempat wisatawan untuk berolahraga ringgan atau sekendar duduk memandangi birunya langit. Jadi jika teman-teman yang hanya datang untuk sekedar jalan-jalan jangan lupa mengabadikan moment di Bukit Campuhan ini karen banyak terdapat spot foto menarik disini.

Di area sekitar Bukit Campuhan Ubud juga telah terdapat beberapa warung milik warga lokal yang menjajakan minuman ataupun makanan ringga. Sehingga jika kita sudah mulai lelah berjalan dapat untuk beristirhat sebentar disini. Namun, jika kita datang disaat pagi hari sebaiknya kita membawa bekal minuman sendiri takutnya jika warung belum buka.

Demikian ulasan singkat kami mengenai Bukit Campuhan Ubud atau yang saat ini terkenal dengan sebutan Campuhan Ridge Walk. Berikut ini adalah perjalanan kami saat berkunjung ke Bukit Campuhan Ubud

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *