Leke leke Waterfall

Air terjun Kipuan Kebo atau yang juga disebut dengan Leke leke Waterfall berlokasi di Br. Kerobokan, Desa Mekarsari, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Leke leke Waterfall sangat mudah untuk ditemukan karena berada di jalur utama Denpasar- Singaraja tepatnya berada di jalan raya Baturiti dan sejalur jika kita akan mengunjunggi objek wisata Bedugul.

Perjalanan untuk menuju ke Leke leke Waterfall memerlukan sedikit perjuangan dikarenakan harus melewati jalan yang sedikit berliku dan menyeberangi sungai. Air terjun Leke leke letaknya dekat dengan pemukiman penduduk serta perkebunan milik warga sekitar. Sepanjang perjalanan menuju air terjun Leke leke dari sisi kiri kanan terdapat perkebunan seperti pohon Nanas, kelapa serta rerumputan yang mana digunakan oleh warga sekitar untuk pakan hewan ternak mereka seperti sapi.

Sepanjang jalan ini juga terdapat beberapa warung kecil milik warga sekitar yang menjual berbagai macam makan ringan dan minuman. Namun sayangnya dikarenakan kondisi saat ini akibat pandemi COVID-19 warung-warung kecil ini harus tutup karena sepinya pengunjung. Saat kami datang kesini hanya 1 warung saja yang buka. Sepanjang kita berjalan menuju air terjun ini kita disambut oleh suara burung dan aliran sungai yang nantinya kita seberangi dengan jembatan sebelum tiba di depan air terjun Leke leke ini.

Berkunjung ke Air terjun Leke leke ini, setiap pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 25.000/orang untuk wisatawan domestik dan Rp 50.000/orang untuk wisatawan asing. Tiket yang dibebankan ke pengunjung terbilang cukup mahal, walaupun demikian tidak menyurutkan niat para pengunjung yang ingin datang kesini untuk dapat menikmati indahnya pemandangan air terjun Kipuan Kebo ini.

Suasana yang asri dan penuh ketenagan menyambut kedatangan kami ketiba tiba di Air terjun Leke leke ini. Tempat yang sangat tersembunyi dengan suara deburan air yang mengalir membuat kita merasakan ketenangan ketika tiba disini dengan udara yang sejuk seketika membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Air terjun Leke leke juga disucikan oleh warga sekitar, sehingga bagi pengunjung yang datang kesini diharapkan menjaga etika ketika berada disekitar air terjun Leke leke. Dikatakan dengan nama lain sebagai air terjun Kipuan Kebo yanag artinya tempat mandi dan minum kerbau.

Walaupun keberadaan air terjun Leke leke masih sangat tersembunyi, keindahan alam yang disajikan disini dapat disandingkan dengan indahnya air terjun lain seperti Air terjun Banyumala atau Air terjun Sekumpul. Bagin pencinta travelling jangan lupa untuk memasukan Air terjun Leke leke ke dalam list perjalanan anda.

Berikut ini perjalanan kami menyusuri Leke leke Waterfall

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *